The DRG System in Specialistic Services

Reportase Hari Kedua

13th Post Graduate Forum on Health System & Policy

Sesi Expert Stage: Thailand

 

Hari kedua Post Graduate Forum (PGF) ke – 13 pada 20 Juli 2019 masih menghadirkan perwakilan 4 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Australia.Sesi kedua dibawakan oleh Prof. Supasit Pannarunothai,PhD yang merupakan perwakilan dari Universitas Prince of Songkla, Thailand yang merupakan seorang dosen, konsultan dan ketua Center For Health Equity Monitoring Foundation. Materi yang disampaikan Supasit dengan topik The DRG System in Specialistic Services, yang menekankan bahwa data pada sistem DRG untuk menganalisis diagnosa tindakan medik pada spesialis dan sub spesialis yang diperlukan.

Di Thailand, untuk sistem ini memiliki TDRG grouper dalam pembayaran pasien rawat jalan dan memiliki tiga skema pembayaran berdasarkan universal coverage. Perubahan sitem ini diawali dengan cara subsidi perdiem untuk rumah sakit umum, sehingga diubah menjadi sistem DRG-Casemix berdasarkan 19 spesialisasi medis.

Menurut Prof Supasit, data DRG dapat digunakan untuk memperkirakan kebutuhan spesialis dan subspesialisasi serta harus didukung dan dilengkapi dengan adanya data survei lainnya. Penggunaan data DRG salah satunya yaitu untuk menilai kualitas pelayanan. Pembahasan mengenai kebijakan juga diikutsertakan, yaitu apakah kebijakan distribusi dapat dikaitkan dengan pembayaran tingkat dasar diferensial DRG, serta haruskah pembiayaan pendidikan spesialisasi medis diunggulkan dengan pembayaran tarif dasar diferensial.

Pada akhir sesi, Prof Supasit kembali menegaskan bahwa dibutuhkan lebih banyak sistem Casemix dan data pelengkap lainnya untuk mengelola kebutuhan spesialis nonakut lainnya. Selain itu, kebijakan konservatif dokter medis dan produksi spesialis medis di Thailand sudah lebih diperhatikan dengan terus melakukan beberapa penelitian, seperti penelitian mengenai kebutuhan akan dokter spesialis penyakit dalam di Thailand.

Reporter: Try Purnamasari (HPM FK – KMK UGM)

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.