Health Financing

health-financing-1

Sesi paralel di hari pertama Post Graduate Forum (PGF) ke-13 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (19/07) bertempat di auditorium FK – KMK UGM menghadirkan enam orang penyaji. Sesi paralel ini mengusung tema “Health Financing” atau pembiayaan kesehatan. Di sesi ini, para penyaji mencoba membahas isu pembiayaan kesehatan dari berbagai aspek yang dipandu oleh moderator Diah Ayu Prabandari.

Presenter pertama, Aidalina, mencoba mengembangkan framework dan indikator untuk manajemen kanker payudara dalam lingkup UHC dan mengujikannya untuk melihat kinerja penanganan kanker payudara di Malaysia. Sementara itu, Eka Yoshida, presenter kedua, menemukan bahwa proses penagihan reimbursement untuk metode casemix Jamkesmas di Jakarta dinilai oleh para tenaga administrasi lebih sederhana dibandingkan metode fee for service untuk program Gaskin.

health-financing-2

Presenter ketiga, Ellyana, melakukan tinjauan literatur sistematis terkait evaluasi ekonomi penggunaan obat Imanitib untuk penanganan Chronic Myeloid Leukaemia (CML). Selanjutnya, Firdaus Hafidz membahas serb a -serbi pelayanan tuberkulosis di Indonesia dari segi utilisasi, akses, dan pembiayaan.

Untuk presentasi kelima dan keenam, Amir Su’udi membahas distribusi insentif dokter spesialis di rumah sakit umum milik pemerintah dan Sharifah Ain Shameera mengelaborasi kemauan masyarakat untuk membayar layanan pengujian genetik untuk penyakit kanker. Sesi ini ditutup dengan komentar dari pembahas, Laksono Trisnantoro, yang mengungkapkan bahwa pembiayaan kesehatan merupakan aspek yang penting untuk memastikan bahwa program kesehatan berjalan dengan baik.

Reporter: Insan Rekso Adi (PKMK FK – KMK UGM)

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.